Blogroll

Rabu, 02 Mei 2012

MIRISNYA PENDIDIKAN DIINDONESIA



Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau yang lebih dikenal dengan Hardiknas yang di pelopori Ki Hajar Dewantara yang juga merupakan seorang Pahlawan Nasional bergerak pada bidang pendidikan.
Jika kita membaca sepintas UUD 45 Pasal 31 ayat (1) secara tegas disebutkan bahwa: “Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan”. Akan tetapi sungguh ironis sekali jika kita melihat bagaimana kondisi dunia pendidikan di negeri pertiwi ini. Bagaimana tidak, pendidikan yang seharusnya menjadi hak bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali, tetapi hingga saat ini pendidikan masih menjadi konsumsi kalangan-kalangan tertentu saja.
Dalam hal ini pemerintalah yang seharusnya berperan penting dalam penyelenggaran pendidikan di Indonesia dengan menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang kegiatan Pendidikan. Dan kemudian mengapa dari bangsa ini merdeka tahun 1945 hingga detik ini masalah pendidikan di Indonesia masih menjadi masalah yang belum bisa diselesaikan secara tuntas? Perjuangan para pahlawan dahulu rasanya seperti sia-sia jika melihat apa yang terjadi dengan dunia pendidikan sekarang. Apakah yang harus kita lakukan?  Kini tengoklah kembali kebelakang sejenak, bukan untuk melihat masa lalu kelam bangsa ini, melainkan untuk melihat bagaimana perjuangan para pahlawan kita dalam meraih kemerdekaan bangsa ini. Dengan melihat serta mempelajarinya, kita akan lebih tahu dan lebih memaknai apa arti dari perjuangan mereka.
Mengingat perkembangan dunia sekarang yang semakin maju dan mengalami persaingan yang sangat ketat, maka perbaikkan sistem pendidikan harus segera dilaksanakan tanpa menunggu waktu yang lebih lama lagi. Kita harus optimis terhadap bangsa ini yang memiliki kekayaan yang luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan catatan perlunya bantuan dan dukungan oleh pemerintah yang memiliki wewenang atas pendidikan nasional untuk menuntaskan problem biaya pendidikan tersebut. Saya percaya dan sangat yakin, mereka yang memiliki wewenang dalam hal pendidikan selalu memegang teguh amanat serta tanggungjawab yang diberikan oleh masyarakat Indonesia untuk dapat menyelesaikan problem yang ada. Tugas utama kita selanjutnya adalah mengelola apa yang sudah tersedia oleh alam serta diberikan kepada kita untuk kemajuan serta kesejahteraan bersama.
Akhir kata semoga pendidikan di Indonesia lebih baik, maju dan bemutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar