Blogroll

Minggu, 29 April 2012

Rencana Pelaksanaan Pem,belajaran (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Muh. Ikhwan.K
1.      Pengertian
Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar (KD) yang diterapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.
Lingkup rencana pembelajaran paling luas mencangkup 1 kompetensi dasar yang terdiri atas 1 indikator atau beberapa indicator untuk 1 kali pertemuan atau lebih.
2.      Komponen-Komponen RPP
a.       Identitas Mata Pelajaran
Meliputi satuan pendidikan, kelas , semester, program keahlian, tema pelajarn atau mata pelajaran.
b.      Standar Kompetensi
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
c.       Kompetensi Dasar
Sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indicator kompetensi dalam suatu pelajaran.

d.      Indicator Pencapaian Kompetensi
Prilaku yang dapat diukur dan diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran
e.       Tujuan Pembelajaran
Menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
f.       Materi Ajar
Memuat fakta konsep, prisip dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam butir-butir sesuai dengan rumusan indoikator pencapaian kompetensi.
g.      Alokasi Waktu
Ditentukan dengan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
h.      Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang telah ditetapkan. Pemilihan metode disesuaikan dengansituasi dan kondisi peserta didik.
i.        Kegiatan Pembelajaran
Ø  Pendahuluan
Awal dalam suatu kegiatan atau pertemuan yang ditunjukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpastisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Ø  Inti
Proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, menyenangkan, menantang,dan memotivasi peserta didik, serta memberikan ruang yang cukup bagi kreatifitasnya dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangannya. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Ø  Penutup
Merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan.
j.        Penilaian Hasil Belajar
Prosedur dan instrument penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indicator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.
k.      Sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan kepada standar kompetensi dasar serta materi ajar, kegiatan pembelajarn dan indicator pencapaian kompetensi.




3.      Prinsip Penyusunan RPP.
1.      Memperhatikan Perbedaan Individu Peserta Didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2.      Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.
3.      Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan
4.      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan,
pengayaan, dan remedi.
5.      Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya
6.      Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar