Blogroll

Kamis, 03 Mei 2012

SINDIKAT MISSION HMI


SINDIKAT
 MISSION HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI)
Muh. Ikhwan. K

Tujuan Umum : Memahami Mission Hmi sebagai langkah atas tujuan HMI yang telah disadari untuk dapat dilaksanakan dalam mewujudkan masyarakat Adil Makmur.
Tujuan Khusus  :   
·         Kader dapat memahami serta menjelaskan tafsir tujuan HMI
·        Kader dapat mengerti dan sadar mengenai tujuan dan mission HMI
·        Kader dapat menjelaskan sifat, status, fungsi serta peran HMI.
Metode                  : Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab.
Alokasi Waktu      :  2 jam
Bahan                    : Papan Tulis dan spidol



 MISSION HMI
Mission merupakan tugas dan tanggung jawab yang diemban, mission HMI dapat diartikan sebagai tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh orang-orang yang tergabung dalam wadah kemahasiswaan yang berasaskan Islam atau lebih dikenal dengan Kader HMI. Sebagai organisasi kader yang memiliki platform yang jelas, sejak awal berdirinya HMI (1947) mempunyai komitmen asasi yang disebut dengan try komitmen.
1.      Keislaman
2.      Kebangsaan
3.      Kemahasiswaan
Mission HMI pada hakekatnya untuk menumbuhkan kesadaran menyeluruh kader untuk senantiasa berjuang mewujudkan tujuan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Konsekuensi yang harus diemban ketika tujuan telah dimaknai secara sadar dan mendalam, derivasi atau turunan dari tujuan yang telah disadari merupakan bagian dari mission HMI.
Dalam setiap organisasi tentunya mempunyai tujuan yang jelas, pada AD HMI pasal 4 tercantum tujuan hmi yakni “ TERBINANYA INSAN AKADEMIS PENCIPTA PENGABDI  YANG BERNAFASKAN ISLAM DAN BERTANGGUNG JAWAB ATAS TERWUJUDNYA MASYARAKAT ADIL MAKMUR YANG DIRIDHOI ALLAH SWT”
Dalam tafsiran tujuan diatas kita dapat memilah-milah :
1.      Insan akademis, pencipta, pengabdi
Pada lingkup ini menunjukan jati diri sebagai kaum intelektual atau mahasiswa, dengan kecerdasan yang dimiliki akan mampu menciptakan hal-hal yang baru dan bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat, itulah bentuk pengabdiannya.
2.      Bernafaskan islam
Setiap anggota HmI menyandang status mahasiswa yang beragama dan harus senantiasa menegakkan nilai-nilai kebanaran Islam untuk mendapatkan ridho Illahi.
3.      Bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur
Sebagai warga Negara Indonesia maka mempunyai kewajiban untuk mewujudkan cita-cita Negara, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan masyarakat adil dan makmur (memusnahkan ketertindasan).
Dari penjelasan diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa dalam mission HMI ada dua tanggung jawab yang harus diemban yakni :
1.      Menegakan nilai-nilai Islam
2.      Menuntaskan ketertindasan atau membela kaum-kaum tertindas( ploretariat )
Dua hal tersebut mempunyai makna yang luas jika kita mencoba menjabarkannya. Dan dapat diterapkan pada konteks kontemporer.
Status, Fungsi dan Peran
1.      Status
Status HMI adalah organisasi kemahasiswaan, Mahasiswa adalah orang-orang yang memiliki tingkat kecerdasaan atau intelktual yang lebih dibandingkan pada masyarakat umum. Mahasiswa mempunyai  peran sebagai agen of change atau moral force sebab mahasiswa tidak terikat kepentingan apapun, baik itu kepentingan parpol dan kepentingan lainnya  terkecuali kepentingan kebenaran. Jiwa mudanya senantiasa progress dalam menghadapi situasi jaman. Dan HMI membutuhkan sosok jiwa muda, berani intelktual, radikal, dalam menyerukan perubahan-perubahan. Itulah sebabnya kenapa HMI berstatuskan sebagai organisasi Mahasiswa.
2.      Fungsi
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai organisasi kader berfungsi dan berperan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia melalui olah sikap, nalar, dan perilaku. Proses pengkaderan HMI adalah menerapkan proses internalisasi nilai-nilai moral dan kebenaran, baik dalam nilai keislaman, kebangsaan dan kemahasiswaan. Organisasi ini senantiasa terus berganti dengan pola dibina untuk kemudian membina. Dengan demikian proses pembelajarannya dapat menyeluruh kepada semua kader. Dan diharapkan akan terbentuk sosok kader-kader yang memiliki integritas pribadi yang tangguh, bertaqwa kepada Allah SWT, cerdas, militant, kritis, dan berani untuk melawan demi kebenaran.
3.      Peran
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) sebagai organisasi perjuangan dalam keberadaannya tidak bisa dilepas dari sejarah perjuangan bangsa, maka sebagai kelompok cedikiawan, dinamika HMI terkait erat dengan dinamika bangsa yang berkembang.
Nilai-nilai yang tumbuh di HMi adalah Nilai-nilai yang hidup pada komunitas intelektual yang memilki kesadaran  terhadap diri pribadi dan masyarakat.
HMI harus mampu memberikan warna dan pemaharuan terhadap bangsa dan dunia akademis pada khususnya.
REFERENSI
  1. Al Qur’an
  2. Tim Penyusun. Dibawah Naungan Cahaya Illahi. Surakarta: Nurulhuda Pers. 2002.
  3. ANUNG RAZAINI FIRMANSYAH, Sindikat Mission HMI
  4. AD/ART HMI













Tidak ada komentar:

Posting Komentar